Salam Sukses Luar Biasa

Jika Anda ingin sukses miliki pergaulan dengan orang sukses, maka Anda akan ketularan sukses.
Mari bersama saling memotivasi agar kita bisa sukses bersama. Semoga blog saya ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses Luar Biasa

Senin, 02 Mei 2011

DAFTAR NAMA

KUNCI 2 :  TUJUH KUNCI SUKSES BISNIS MOST

Langkah kedua yang anda harus buat setelah membuat impian maka anda harus membuat “daftar nama”.  Daftar nama adalah aset utama anda dalam menjalankan bisnis BCW.

Tuliskanlah teman dan orang-orang yang anda kenal.  Buatlah daftar dengan kolom pertama “Nomor”, dan kolom kedua “Nama”.
Tuliskan nama orang yang anda kenal.  Syaratnya orang tersebut sudah berumur 17 tahun keatas dan masih hidup.  Jangan dihakimi dan dipilah, jangan pikir apakah orang ini akan join atau tidak di group anda.    Asal anda ingat nama seseorang langsung tuliskan di daftar nama tersebut. 
Tuliskanlah nama keluarga anda, keluarga dekat anda, isteri/suami, anak, saudara, orangtua, nama rekan sekerja, relasi bisnis, rekan seprofesi, nama teman sekolah SD/SMP/SMA/kuliah, teman sehobi, tetangga kiri dan kanan, tetangga muka dan belakang, tetangga atas dan bawah (kalau tinggal di apartemen/rusun), teman olahraga, kenalan lama, orang yang pernah anda kenal.  Sebagai alat bantu coba buka HP lihatlah begitu banyak nama yang anda kenal disana.   Masukkan semua ke daftar nama anda.  Makin banyak daftar nama anda semakin bagus.
Daftar nama ini akan kita proses lebih lanjut.  Buatlah kolom tambahan disebelah kolom nama.  Buatlah kolom “Finansial”, kolom “Ambisi”, kolom “Supel”, kolom Teachable, dan kolom “Skala Prioritas”.  Nama-nama yang telah anda buat dilangkah terdahulu kemudian anda olah dengan memberikan nilai kepada kolom finansial.  Finansial adalah kemampuan keuangan dari setiap orang yang ada di daftar nama anda.  Apabila finansial orang tersebut lebih baik dari anda maka kasih nilai 3.  Apabila finansialnya sama dengan anda maka kasih nilai 2.   Apabila finansialnya kurang maka berilah nilai 1 pada kolom finansial dari setiap orang yang ada. 
Setelah itu isilah kolom “ambisi” setiap orang yang ada di daftar nama anda.  Sama seperti pada saat mengisi finansial, berilah angka 3 apabila lebih baik dari anda, 2 apabila sama dan 1 apabila  ambisinya ada dibawah anda.  Selanjutnya pada kolom “supel” juga anda beri nilai antara 1s.d 3 setiap orang yang ada.  Supelitas adalah sifat dari orang yang ada di daftar nama tersebut apakah memiliki pergaulan yang luas atau disegani oleh banyak orang.  Yang berikutnya nilailah sifat “teachable” semua orang yang didaftar nama anda.  Beri angka 3 apabila orang tersebut cenderung sangat mau mendengar atau sering belajar dari anda.  Nilai 2 apabila anda merasa setingkat dalam berdiskusi (bertukar pendapat).  Berilah angka 1 apabila orang yg anda nilai cenderung tidak mau mendengarkan pendapat anda.
Selanjutnya jumlahkanlah nilai dari keempat unsur (finansial, ambisi, supel dan  teachable) dari setiap orang di daftar nama tersebut dan tuliskanlah di kolom “Skala Prioritas”.  Nilai tertinggi di Skala Prioritas adalah 12 dan nilai terendah adalah 4.
Jika anda termasuk orang yang baru dalam dunia network marketing maka anda harus segera belajar melakukan presentasi.  Bisnis anda akan berjalan jauh lebih cepat apabila anda mampu melakukan presentasi sendiri tanpa mengharap bantuan upline.  Orang-orang dengan skala prioritas 4 sampai 6 (skala prioritas rendah) dapat anda jadikan sebagai tempat berlatih presentasi.  Tidak menjadi masalah walaupun anda banyak melakukan kesalahan pada saat presentasi kepada orang berskala 4 sampai 6.
Setelah anda banyak berlatih dan banyak melakukan presentasi maka anda akan semakin lancar dalam berpresentasi, pada saat itu anda sudah dapat melakukan presentasi kepada orang dengan skala prioritas sedang (SP= 7 sampai dengan SP=9).  Sebaiknya anda lakukan presentasi dengan didampingi upline.  Mengapa?  Agar pada saat ada pertanyaan yang sulit bagi anda, maka upline dapat membantu meberikan jawaban.
Untuk skala prioritas tinggi (SP=10 sampai SP=12), mintalah bantuan upline anda untuk melakukan presentasi kepada mereka.   Pada saatnya setelah anda biasa dan lancar melakukan presentasi maka anda juga akan bertindak sebagai upline bagi downline anda dalam melakukan presentasi.
Suatu saat daftar nama anda akan semakin berkurang dan menipis.  Saat itu anda bisa menambah daftar nama dengan cara melakukan “prospecting”.  Carilah orang / teman baru untuk menambah daftar nama anda.

Pada saat anda melakukan prospecting, tugas anda adalah untuk mendapatkan nama, alamat dan nomor telepon orang yang baru anda kenal.  Bukalah percakapan dengan orang-orang disekeliling anda.   Anda dapat mengajukan pertanyaan basa-basi seperti, bagaimana  keluarganya, pekerjaannya, hobbynya.  Jangan lupa dapatkan nama, alamat dan nomor teleponnya.  Sebaiknya jangan lakukan presentasi pada saat prospecting tersebut.  Ada saatnya nanti anda lakukan presentasi kepada mereka.

Tidak ada komentar: