Salam Sukses Luar Biasa

Jika Anda ingin sukses miliki pergaulan dengan orang sukses, maka Anda akan ketularan sukses.
Mari bersama saling memotivasi agar kita bisa sukses bersama. Semoga blog saya ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses Luar Biasa

Senin, 02 Mei 2011

PRESENTASI

KUNCI  4 :  SUKSES BISNIS JARINGAN

Tugas utama anda dalam bisnis BCW adalah presentasi.  Presentasi adalah tulang punggung bisnis ini.  Bayangkan bagaimana seandainya orang tak memiliki tulang punggung, pastilah orang tersebut tidak dapat berdiri.  Bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik apabila anda tidak melakukan presentasi atau tidak ada orang yang melakukan presentasi untuk anda.



Bisnis anda dimulai bukan pada saat anda pandai presentasi.  Bisnis ini dimulai pada saat anda mau berpresentasi.  Presentasi awal biasanya tidaklah berjalan sempurna, banyak yang bersalahan, banyak lupa dan  grogi.  Semua orang juga mengalaminya.  Anda tidak usah takut melakukan presentasi.  Anda bisa berlatih presentasi di depan cermin atau gunakanlah orang-orang dengan skala prioritas rendah (SP 4 sampai 6) di daftar nama anda sebagai tempat latihan.  Anda tidak akan kecewa jika mereka yang berskala prioritas rendah tidak join di group anda.  
Buatlah contekan atau pokok-pokok presentasi anda.  Tidak seperti saat kita duduk di bangku sekolah, di bisnis BCW anda sangat disarankan mencontek.  Mencontek upline, mencontek metode presentasi orang yg telah sukses, membuat contekan untuk presentasi.
Bentuk presentasi ada tiga yaitu :
-          One on one
Di sini anda melakukan presentasi satu lawan satu. 

-          Home meeting
Anda dapat mengundang beberapa orang sekaligus ke rumah anda.  Sangat disarankan agar upline andalah yang menjadi presenternya.  Anda dapat mengundang langsung orang dengan skala prioritas tinggi dan sedang di home meeting. 

-          Open Plan Presentation
Ini adalah bentuk presentasi secara besar-besaran.  Biasanya dilakukan di gedung pertemuan.  Pada kesempatan tersebut Mereka yang telah merasakan manfaat dari Komunitas BCW dapat memberikan kesaksian-kesaksiannya.  Orang-orang yang telah sukses dapat diperkenalkan kepada para undangan.

Hasil Presentasi :
-          Ya
Prospek anda langsung mengambil tindakan untuk join di group anda.  Sediakanlah selalu saldo CHAIN yang cukup untuk dapat mendaftarkan orang yang mau join.

-          Tidak
Mungkin saja prospek anda mengatakan akan pikir-pikir dulu.   Kepada yang belum bergabung pinjamkan paket informasi, bisa berupa brosur, buku / brosur marketing plan, kaset, vcd, audio cd dan lain-lain. 

Bagaimana jika prospek tetap tidak mau join walaupun sudah pikir-pikir dulu?  Anda coba tanyakan apakah beliau memiliki teman atau saudara yang akan tertarik dengan bisnis ini. Biasanya mereka tidak pelit dengan informasi ini.  Anda dapat menambah daftar nama dari referensi orang-orang yang menolak anda.

Hal yang harus diperhatikan dalam presentasi:
-          Semangat dan percaya diri
Anda harus semangat atau antusias.  Semangat anda akan menular ke prospek.  Supaya terlihat semangat suara harus cukup kuat, bicara cukup cepat, dan jangan terlalu banyak jeda.   Dengan semangat yang tinggi maka anda lebih mudah meyakinkan prospek.  Anda juga harus percaya diri, kalau anda ragu-ragu maka prospek juga akan ragu-ragu. 

-          Postur yang benar : memberi peluang
Yang anda tawarkan adalah peluang bisnis.  Anda bukan sedang melakukan penipuan, anda bukan sedang memanfaatkan teman. 

-          Berpakaian rapi dan sopan
Berpakainlah yang rapi pada saat presentasi atau menghadiri pertemuan.  Orang akan lebih senang apabila presenternya berpakaian rapi.  Presentasi juga menjadi lebih efektif karena anda akan terlihat sangat meyakinkan. 

Tip pada saat mengadakan Home Meeting
-          Ruang tamu seperti apa adanya
Biarkan ruang tamu seperti biasanya. Kursi tambahan dikeluarkan belakangan hanya apabila kursi yang ada telah penuh.

-          Jangan gabung dengan acara lainnya
Sebisa mungkin jangan digabung dengan acara-acara lain. 

-          Singkirkan brosur, anak kecil, binatang peliharaan
Sebelum acara presentasi dimulai, jangan ada brosur, majalah, bacaan-bacaan di ruang presentasi.  Hal ini supaya tidak mengganggu konsentrasi prospek anda.  Apabila anda memiliki anak kecil, bisa disuruh tidur dulu atau dititipkan ke tetangga.  Binatang peliharaan agar diikat atau disingkirkan/dijauhkan dari ruang presentasi.

-          Jangan menyediakan makanan berat
Anda bisa saja mampu menjamu undangan dengan makanan berat.  Tetapi pikirkanlah duplikasinya.  Prospek anda akan berpikir, “Wah bisnisnya sih bagus, tetapi kalau setiap mengadakaan acara harus memberi makanan berat seperti itu, saya tidak sanggup!”.

-          Siapkan kertas & bollpoint
Sediakanlah kertas dan bollpoint (alat tulis) bagi undangan yang lupa membawa buku catatan dan bollpoint.  Anda sendiri juga harus mencatat hal-hal yang penting dari presentasi.   Catatan berguna untuk dapat mengingatkan kembali hal-hal penting tersebut dimasa yang akan datang.

-          Berpakaian rapi
Tidak hanya presenter yang harus berpakain rapi.  Sebagai tuan rumah anda pun harus berpakaian rapi, untuk menghormati tamu undangan.  Pakaian rapi juga mencermintakan bonafisitas bisnis ini.

-          Sediakan tempat duduk pembicara
Aturlah tempat duduk, biarlah pembicara duduk di tempat yang paling strategis agar semua undangan dapat mengikuti presentasi dengan baik.

-          Tepat waktu
Mulailah tepat waktu.  Jangan menunggu sampai semua undangan hadir.  Hargailah waktu prospek yang telah datang tepat waktu.  Ingat di group anda nantinya akan banyak orang sibuk yang bergabung. 

-          Edifikasi upline / pembicara

Sebelum presentasi dimulai, perkenalkanlah terlebih dahulu pembicara kepada prospek anda.  Edifikasi atau pujilah atau angkatlah pembicara.  Dengan mengedifikasi pembicara terlebih dahulu maka presentasi akan berjalan lebih efektif. 

Tidak ada komentar: