Salam Sukses Luar Biasa

Jika Anda ingin sukses miliki pergaulan dengan orang sukses, maka Anda akan ketularan sukses.
Mari bersama saling memotivasi agar kita bisa sukses bersama. Semoga blog saya ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses Luar Biasa

Senin, 02 Mei 2011

MEMBUAT JANJI BERTEMU

KUNCI  3 :  TUJUH KUNCI SUKSES BISNIS MOST

Daftar nama yang telah anda buat di langkah ke sebelumnya, anda olah lebih jauh.  Orang-orang di daftar nama akan anda undang ke pertemuan.  Pertemuan bisa one on one, pertemuan home meeting di rumah anda, atau presentasi terbuka (akan dijelaskan lebih lanjut di kunci ke 4).  Mengundang ke pertemuan diwujudkan dengan cara anda membuat janji untuk bertemu dengan prospek.  

 
Sesungguhnya tidaklah mudah untuk membuat janji bertemu.  Diperlukan banyak latihan agar anda mahir membuat janji bertemu (mengundang).
Disini akan diuraikan prinsip-prinsip dalam membuat janji bertemu, yaitu :
-          Postur, sikap meberi peluang
Haruslah ditanamkan baik-baik di pikiran anda, bahwa anda mengundang orang adalah karena anda akan memberikan mereka informasi kesehatan yang sangat baik sekaligus peluang usaha yang luar biasa.  Jangan sampai mengemis atau menghiba seolah-olah anda yang perlu mereka.

-          Tentukan waktu
Apabila anda akan mengadakan home meeting di rumah anda, maka tentukanlah waktu kapan upline anda dapat membantu presentasi di home meeting anda.  Setelah anda dapatkan waktu upline maka barulah anda mulai mengundang prospek ke rumah anda. 
Jika anda yang akan datang ke rumah prospek, cocokkanlah waktu anda dengan waktu prospek.  Apabila ada acara-acara pertemuan atau presentasi umum undanglah semua prospek dan downline-downline anda ke pertemuan tersebut.

-          Undanglah jauh-jauh hari sebelumnya
Undanglah kurang lebih 1 minggu sebelum hari presentasi.  Apabila undangan baru anda berikan 1 hari sebelum presentasi maka jangan-jangan prospek anda telah mengagendakan acara yang lain. 

-          Menggunakan telepon
Dengan menggunakan telepon maka undangan bisa dilakukan dengan lebih efisien.  Cukup 3 sampai 5 menit per prospek.  Apabila anda undang secara langsung maka akan sangat memboroskan waktu anda.

-          Skenario basa-basi
Mulailah dengan say hello.  Apa kabarnya, apakah dia dalam keadaan sehat dan lain sebagainya.  Tapi anda harus dapat mengendalikan keadaan. Jangan terlalu lama basa-basinya. (bisa basi beneran….he he he)

-          Alasan bicara singkat
Carilah alasan agar anda seolah-olah sedang terdesak waktu, sehingga tidak cukup waktu untuk berlama-lama dalam mengundang.  Misalnya anda bisa katakan bahwa anda sedang memasak, sedang banyak mengerjakan pekerjaan kantor atau alasan lainnya.  Hal ini dilakukan agar anda tidak terjebak untuk berpresentasi saat itu juga.  Tugas anda mengundang bukan berpresentasi pada saat ini.

-          Undang dengan topik kreatif
Masih banyak orang yang alergi dengan MLM, oleh karena itu hindari istilah-istilah seperti MLM, upline, dowline. Pakailah kata-kata peluang bisnis, proyek, proposal bisnis, wirausaha, bisnis sampingan dan lain-lain.  Namun anda tidak boleh bohong…. Atau menyangkal tebakan prospek.  Anda bisa mengalihkan pertanyaan prospek dengan halus.  Misalnya dia bertanya : apakah ini bisnis MLM? Anda bisa menjawab : Maaf pak atau bu… saya sangat ingin menjelaskan, justru itu saya mengundang bpk/ibu ke rumah saya (pertemuan) untuk dapat menjelaskan secara detail.
Jangan berdebat atas komentar-komentarnya.

-          Konfirmasi ulang
Apabila anda telah mengundang beberapa hari sebelumnya maka paling tidak 12 jam sebelum pertemuan anda konfirmasi ulang.  Mengapa kita perlu melakukan konfirmasi?  Karena begitu banyak orang yang tidak memiliki agenda, sehingga bukan mereka tidak mau datang ke undangan (pertemuan) tetapi seringkali mereka lupa pada undangan anda.  Tidak ada salahnya anda konfirmasi ulang kembali 2 atau 3 jam sebelum presentasi dimulai.

-          Undanglah 2x lebih banyak
Misalnya anda ingin yang hadir 10 orang maka undanglah minimal 20 orang.  Mengapa anda harus mengundang 2x lebih banyak?  Statistik menunjukkan akan ada orang-orang yang tidak dapat memenuhi undangan anda.  Kalau anda undang 20 orang kemungkinan yang datang hanya 10 orang atau kurang.    

-          Tak perlu kecewa kalau mereka tidak datang
Tidak semua orang dapat memenuhi undangan anda.   Kalau anda punya daftar nama 1000 orang tidak usah kecewa kalau 10 orang tidak datang ke undangan anda karena anda masih punya 990 orang lain yang masih dapat anda undang.  Cobalah undang mereka kembali pada kesempatan lainnya.


Tidak ada komentar: